Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Gigi Dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien Mahasiswa Profesi Dokter Gigi Rsgm Iik Bhakti Wiyata Kediri
Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Gigi Dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien Mahasiswa Profesi Dokter Gigi Rsgm Iik Bhakti Wiyata Kediri
Keywords:
rumah sakit, waktu tunggu, kepuasan pasien, pelayanan gigi mulut, rsgmAbstract
Latar Belakang: Waktu tunggu pelayanan adalah masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik pelayanan kesehatan, dan salah satu komponen yang berpotensi menyebabkan ketidakpuasan adalah menunggu dalam waktu yang lama. Lamanya waktu tunggu pasien merupakan salah satu hal yang penting dalam menentukan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tempat pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan dapat meningkatkan prioritas dalam manajemen rumah sakit, dapat mencerminkan bagaimana rumah sakit tersebut dapat mengelola komponen pelayanan kesehatan yang telah disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Tujuan: untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan gigi dan mulut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien mahasiswa profesi dokter gigi RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Metode: Jenis penelitian ini merupakan cross sectional, penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan 80 sampel. Penelian dilakukan di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri dengan kriteria inklusi yaitu pasien mahasiswa profesi dokter gigi, pasien baru, pasien dengan usia diatas 17 tahun, dan pasien yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Saat pasien dilakukan perawatan peneliti menghitung waktu tunggu pasien menggunakan stopwatch dan setelah dilakukan perawatan pasien mengisi kuesioner. Hasil: Data dianalisis menggunakan uji korelasi pearson dan didapatkan nilai signifikansi 0,000. Simpulan: terdapat hubungan waktu tunggu yang lama dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri.
References
Aliman dan Mohamad, W. 2013. Perceptions of Service Quality and Behavioral Intentions : A Mediation Effect of Patient Satisfaction in Private Care in Malaysia. International Journal of Marketing Studies.
Bush, A.O., Lafferty, K.D., Lotz, J.M., Shostak, A.W., 1997. Parasitology meets ecology on its own terms: Margolis et al. revisited. J. Parasitol. 575–583.
Arab, M., Tabatabaci, S.M.G., Rashidian, A., Forushani, A.R. and Zarei, E. (2102). The Effect of Service Quality on Patient Loyalty: a Study of Private Hospitals in Tehran, Iran. Iranian Journal Public Health, Vol. 41, No. 9, September, pp 71-77.
Arieta, R. 2012. Analisis Waktu Tunggu Pasien di Departeman Gigi dan Mulut RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad Tahun 2011. Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia.
Departemen Kesehatan RI. 2008. Keputusan Menteri Kesehatan RI No.129/Menkes/SK/IV/200 8 tentang Standar Pelayanan Minimal di Rumah Sakit.
Dinas Kesehatan. 2016. Profil Kesehatan Kota Kediri. Kediri: Dinas Kesehatan.
Gonejanart, dan Jankingthong, W. 2012. The Relationships of Factors Affecting Postpurchase Behavioral Intentions In Tourism Sector. Journal of Social Sciences, Humanities, and Arts, Vol. 12, No. 1, pp 72-90.
Gunawan, K. dan Djati, S.P. 2011. Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien [Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja-Bali]. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 13, No. 1, Maret, pp 32-39.
Hamid, Darmawansyah, dan Balqis. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Batua Kota Makassar. Makassar: Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM UNHAS.
Haryanto, J.O dan Ollivia. 2009. Pengaruh Faktor Pelayanan Rumah Sakit, Tenaga Medis, dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit terhadap Intensi Pasien Indonesia untuk Berobat Di Singapura. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 14, No. 2. hal 144-160.
Jannah, Nur Alifah. 2016. Hubungan Kecepatan Waktu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. repository.unej.ac.id.
Kapustiak, J. and Ling, H. 2000. Evalution of Patient Waiting Times at an Academic Ophthalmology Clinic. The Journal of Medical Practice Management. Vol. 15, No. 5, pp 228-233.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga, hal 81-84.
Laeliyah, Nur dan Subekti, Heru. 2017. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Vol 1, No 2.
Prasojo, Aji. 2017. Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI.
Soebarto, KK. 2011. Tinjauan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rekam Medis di Pendaftaran Rawatjalan RSUD Datu Sanggul Rantau. Banjarbaru: Stikes Husada Borneo.
Tjiptono, Fandi. 2007. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publishing.
Tjiptono, Fandi. 2014. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : C.V. Andi Ofset